Melayani siapa saja untuk belajar fisika kapan saja dan dimana saja

Monday, March 22, 2021

Pemuaian dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari

pemuaian

Sahabat fisioner kali ini kita akan membahas topik tentang pemuaian dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari. Terdapat beberapa penerapan pemuaian dalam kehidupan sehari-hari-hari. Sahabat fisioner, tahukah mengapa rel kereta api ada celah-celahnya tidak menyambung jadi satu sepanjang rel kereta api? Konsep/prinsip/hukum fisika apakah yang berlaku pada keadaan tersebut? Nah pertanyaan ini bisa sahabat fisioner jawab setelah mempelajari topik pemuaian berikut ini.  

Topik: Pemuaian dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari

1. Konsep pemuaian

Jika suatu zat diberikan kalor maka zat itu akan memuai atau bertambah besarnya tergantung pada jenis bahan, ukuran benda mula-mula, dan besarnya perubahan suhu atau kalor yang diberikan. Pemuaian ada tiga macam yaitu muai panjang, muai luas, dan muai volume. Zat padat mengalami ketiga pemuaian tersebut sedangkan zat cair dan gas hanya mengalami muai volume saja.

a. Muai Panjang

Muai panjang dialami oleh zat padat yang luas penampangnya sangat kecil bila dibandingkan dengan panjangnya. Perubahan panjang per satuan panjang tiap derajat perubahan suhu disebut koefisien muai panjang zat padat. Secara matematis:

b. Muai Luas

Koefisien muai luas suatu zat adalah perubahan luas per satuan luas tiap derajat perubahan suhu. Secara matematis:

c. Muai Volume

Koefisien muai volume adalah perubahan volume per satuan volume tiap derajat perubahan suhu. Secara matematis:

2. Contoh soal

3.Aplikasi pemuaian dalam kehidupan sehari-hari

pemuaian

Terdapat beberapa aplikasi pemuaian dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu contohnya adalah rel kereta api yang ada celah di setiap sambungannya (perhatikan gambar di atas). Rel kereta api termasuk zat padat, ia juga akan memuai saat diberi kalor. Di siang hari, rel kereta akan mendapat kalor dari cahaya matahari sehingga akan memuai dan bertambah panjang. Jika rel dibuat tanpa celah, maka rel-rel ini akan saling menekan satu sama lain (karena semuanya bertambah panjang) dan akan mengakibatkan rel menjadi bengkok. Karenanya diberikanlah celah antara rel sebagai ruang untuk memuai. 

Demikianlah penjelasan tentang pemuaian dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberikan wawasan dan memberikan semangat untuk senantiasa belajar fisika.

Artikel lainnya:

No comments:

Post a Comment