fisikaonline

Melayani siapa saja untuk belajar fisika kapan saja dan dimana saja

Konteks Fisika

konteks fisika

Konteks Fisika

Menurut kamus besar bahasa Indonesia, kontekstual artinya berhubungan dengan konteks. Konteks artinya situasi yang ada hubungannya dengan suatu kejadian. Jadi kontekstual artinya berhubungan dengan situasi yang ada hubungannya dengan suatu kejadian. Konteks lebih menunjukkan kepada situasi lingkungan sekitar atau lingkungan dari beberapa objek atau aktivitas. Oleh karena itu, dalam lingkungan pendidikan, pembelajaran peserta didik dan konteksnya saling menentukan satu sama lainya, tidak ada yang dapat berdiri sendiri.

Pembelajaran kontekstual sebagai sebuah konsep belajar dan pembelajaran yang membantu guru mengaitkan materi pembelajaran dengan situasi dunia nyata dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang ada dan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga, masyarakat, dan bangsa. Oleh karena itu, pembelajaran kontekstual memungkinkan siswa untuk mengaitkan isi materi dengan konteks kehidupan sehari-hari untuk menemukan makna.

Pembelajaran kontekstual menempatkan pembelajaran fisika di dalam konteks dunia nyata di mana fenomena-fenomena sangat akrab dengan pengalaman pribadi peserta didik digunakan sebagai konteks untuk pembelajaran. Pembelajaran kontekstual berkaitan dengan adanya tuntutan akan kemampuan peserta didik dalam menggunakan konsep-konsep dan prinsip-prinsip yang dipelajari untuk memecahkan masalah-masalah dunia nyata yang terkait dengan kehidupan sehari-hari. Premis dasar pembelajaran kontekstual adalah pembelajaran tidak dapat berdiri sendiri, tapi dengan bagaimanapun harus dihubungkan dengan atribut dunia nyata yang masuk akal bagi peserta didik. Konteks praktis tersebut memungkinkan peserta didik menghubungkan isi pembelajaran simbolis seperti konsep dan prinsip-prinsip untuk dikaitkan dengan dunia nyata mereka.

Pembelajaran kontekstual memberikan manfaat yang besar pada siswa  dengan menempatkan pembelajaran mereka pada situasi kehidupan nyata yang relevan di mana merupakan jalan untuk belajar lebih baik. Manfaat pembelajaran dengan memasukkan konteks, yaitu: 1) motivasi peserta didik dan engagement sebagai hasil dari dipahaminya pembelajaran yang relevan didapatkan dari fenomena-fenomena dan contoh-contoh kehidupan nyata; dan 2) pengembangan berpikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah dengan pertanyaan dipusatkan di sekitar konteks yang familiar akan pasti lebih efektif dalam pembelajaran.

Berikut disajikan konteks fisika dalam kehidupan sehari-hari atau teknologi.

No comments:

Post a Comment