Melayani siapa saja untuk belajar fisika kapan saja dan dimana saja

Senin, 26 Oktober 2020

Definisi Fisika

 

Apa itu Fisika?

Kebanyakan orang mendengar kata 'fisika' dan lari mencari perlindungan. Tapi fisika itu bukan hanya untuk para ilmuwan roket! Anda dikelilingi oleh fisika setiap saat, Anda sadari atau tidak, Anda menggunakan fisika setiap hari. Dalam kehidupan kita sehari-hari kita, hampir tidak ditemukan alat-alat di mana hukum fisika tidak terlibat. Contohnya:

  • Katrol digunakan untuk mengangkat beban berat.
  • Listrik digunakan untuk mendapatkan cahaya, panas, dan energi mekanik yang menggerakkan kipas dan motor listrik.
  • Sarana transportasi seperti mobil dan pesawat terbang, peralatan rumah tangga seperti pendingin udara, lemari es, penyedot debu, mesin cuci, dan oven microwave, dll.
  • Sarana komunikasi seperti radio, TV, telepon, dan komputer adalah hasil dari aplikasi fisika. Perangkat ini telah membuat hidup kita jauh lebih mudah dan lebih cepat dan lebih nyaman daripada di masa lalu.
  • Komputer adalah penemuan fisika.

Fisika adalah studi tentang materi dan energi yang merupakan bidang ilmu pengetahuan kuno dan luas. Kata 'fisika' berasal dari bahasa Yunani 'pengetahuan tentang alam', dan secara umum, bidang ini bertujuan untuk menganalisis dan memahami fenomena/gejala-gejala alam semesta.

Gejala-gejala ini pada mulanya adalah apa yang dialami oleh indra kita, misalnya penglihatan menemukan optika dan cahaya, pendengaran menemukan pembelajaran tentang bunyi, dan indra peraba yang dapat merasakan panas.

Mengapa perlu mempelajari fisika?

Ingin Tahu Bagaimana dan Mengapa? Pelajari fisika

Fisika sangat penting untuk memahami dunia di sekitar kita, dunia di dalam kita, dan dunia di luar kita. Ini adalah ilmu yang paling mendasar dan mendasar. Fisika menantang imajinasi kita dengan konsep-konsep seperti relativitas dan teori string, dan itu mengarah pada penemuan-penemuan besar, seperti komputer dan laser, yang mengarah pada teknologi yang mengubah hidup kita, mulai dari penyembuhan sendi, penyembuhan kanker, hingga pengembangan solusi energi berkelanjutan.

Suka Sains? Dimulai dengan Fisika

Fisika meliputi studi tentang alam semesta dari galaksi terbesar hingga partikel subatom terkecil. Selain itu, ini adalah dasar dari banyak ilmu lain, termasuk kimia, oseanografi, seismologi, dan astronomi (dan dapat diterapkan pada biologi atau ilmu kedokteran). Semua mudah diakses dengan gelar sarjana dalam fisika.

Ingin Keterampilan? Fisikawan Pelajarinya

Fisikawan adalah pemecah masalah/problem solver. Keahlian analitik mereka membuat fisikawan fleksibel dan mudah beradaptasi sehingga mereka bekerja di tempat-tempat menarik. Anda dapat menemukan fisikawan di laboratorium industri dan pemerintah, di kampus perguruan tinggi, di korps astronot, dan berkonsultasi di acara TV. Selain itu, banyak lulusan fisika bekerja di surat kabar dan majalah, di pemerintahan, dan bahkan di Wall Street — tempat di mana kemampuan mereka untuk berpikir secara analitis adalah aset yang hebat.

Ingin Kerja? Orang Menyewa Fisikawan

Fisika membawa perspektif luas untuk masalah apa pun. Karena mereka belajar bagaimana mempertimbangkan masalah apa pun, mereka tidak terikat oleh konteks. Pemikiran inventif ini membuat fisikawan diinginkan dalam bidang apa pun. Gelar sarjana dalam bidang fisika adalah dasar yang bagus untuk karier di: Jurnalistik, Hukum, Keuangan, Obat, Teknik Ilmu Komputer, Astronomi, Biologi

Suka Uang? Fisika Mengalahkan Ilmu Pengetahuan Lainnya

Bahkan ketika pasar kerja lambat, fisikawan mendapatkan tawaran pekerjaan—pekerjaan dengan gaji bagus. Pengusaha tahu bahwa seorang fisikawan membawa keterampilan tambahan dengan keahlian dan membayar sesuai keahliannya itu. Itu sebabnya lulusan fisika dapat mengharapkan gaji karir yang sama dengan ilmu komputer dan jurusan teknik.

(sumber: https://www.aps.org/programs/education/whystudy.cfm