Melayani siapa saja untuk belajar fisika kapan saja dan dimana saja


Saturday, February 27, 2021

10 Manfaat Mempelajari Fisika

Manfaat mempelajari fisika

Sahabat fisioner, fisika adalah mata pelajaran yang fantastis untuk dipelajari, karena berbagai alasan. Dalam kehidupan sehari-hari kita, hampir tidak ditemukan alat-alat dimana hukum fisika tidak terlibat, pasti saja ada hukum fisika terlibat di dalamnya. Fisika berperan besar dalam penemuan-penemuan teknologi. Dengan ilmu fisika semua pekerjaan menjadi lebih ringan karena ada penerapan ilmu fisika yang diimplikasikan dalam teknologi yang canggih. Ilmu fisika mendasari perkembangan peralatan yang yang digunakan manusia. Penemuan-penemuan terbaru dalam bidang fisika akan memperbaiki teknologi yang sudah ada. Tanpa adanya ilmu fisika semua peralatan canggih yang dapat meringankan pekerjaan manusia tidak dapat terwujud. 

Jika sahabat fisioner membutuhkan dorongan lebih lanjut untuk belajar fisika, di bawah ini sepuluh alasan utama mengapa fisika layak untuk dipelajari. Silahkan disimak dengan baik penjelasannya berikut ini.

1. Fisika dapat Menjelaskan Mengapa Dunia Bekerja Seperti Ini

Jika Anda adalah orang yang secara alami ingin tahu, maka ada banyak hal yang dapat Anda pelajari dari mempelajari fisika. Apakah Anda ingin tahu mengapa dunia bergerak, atau ingin memahami hukum-hukum alam semesta dan apa yang membuat semuanya berdetak (dari planet dan tata surya hingga lubang hitam), fisika dapat menjelaskan mengapa sesuatu terjadi seperti yang mereka lakukan dan menunjukkan kepada kita interaksi antara fenomena yang tidak akan kita lihat sebelumnya. Fisika juga merupakan subjek yang sangat luas, yang berarti Anda dapat belajar tentang berbagai topik seperti fisika partikel, listrik dan magnet, mekanika klasik, fisika modern, relativitas, dan termodinamika, dan yang lainnya. Tentu saja, Anda juga dapat memilih untuk berspesialisasi hanya dalam beberapa atau salah satu dari bidang-bidang fisika saat Anda melanjutkan studi Anda, tetapi jika Anda menikmati mempelajari berbagai topik yang berbeda, maka fisika tentu saja perlu dipertimbangkan!

2. Fisika Membuat Anda Menjadi problem solver

Mampu menganalisis suatu situasi secara kritis dan menyelesaikan masalah, bahkan masalah teoretis, adalah keterampilan inti yang harus dilakukan oleh seorang fisikawan. Karena itu, mampu berpikir out of the box dan menerapkan berbagai pendekatan yang berbeda untuk mencoba dan memecahkan masalah sangat dihargai di bidang ini. Memiliki dan mengembangkan keterampilan pemecahan masalah seperti itu tidak hanya baik dalam hal pendidikan fisika Anda, tetapi juga dapat bermanfaat bagi Anda dalam hal melamar pekerjaan. Banyak pengusaha menilai pelamar dengan keterampilan analitis yang kuat dan gelar fisika adalah cara yang bagus untuk mengembangkannya.

3. Fisika dapat Memberikan Berbagai Peluang Karir

Jika Anda bertanya-tanya tentang pekerjaan apa yang ada dengan gelar fisika, jawabannya adalah ada begitu banyak yang bisa dipilih! Meskipun gelar fisika secara alami sangat melekat dalam sains, lulusan fisika tidak harus masuk ke pekerjaan yang bersifat ilmiah, dan Anda tentu tidak harus menjadi ilmuwan atau ahli fisika jika Anda tidak mau. Tentu saja, jika Anda memiliki hati untuk menjadi ahli astrofisika atau teknisi laboratorium, maka Anda dapat secara alami mengejar jalan tersebut, tetapi juga penting untuk dicatat bahwa ada jalur karier lain di luar sana untuk lulusan fisika. Sebagai contoh, lulusan fisika dapat menemukan diri mereka bekerja di berbagai sektor yang berbeda, seperti:

  • Pemerintah atau sektor publik;
  • Bisnis dan keuangan; atau
  • Teknologi, untuk beberapa nama.

Jadi jika Anda berpikir bahwa karier sebagai seorang akuntan, insinyur, analis investasi, jurnalis, matematikawan, atau Anda berpikir bahwa posisi lain sepenuhnya menarik bagi Anda, maka gelar fisika kemungkinan akan membantu Anda mencapai tujuan Anda, bahkan jika secara tidak langsung. Jika Anda memutuskan bahwa karier dalam fisika adalah sesuatu yang ingin Anda kejar, ingatlah bahwa mungkin akan membantu untuk mencoba dan mengamankan beberapa bentuk pengalaman kerja dalam bidang terkait untuk meningkatkan peluang Anda untuk sukses.

4. Fisika Membuat Anda Belajar Sepanjang Hayat (Long Life Education)

Salah satu aspek menarik lainnya dari belajar tentang fisika adalah bahwa fisika adalah bidang yang terus berkembang. Ini berarti bahwa Anda tidak boleh bosan ketika mempelajari subjek, karena teori-teori yang pernah dijunjung tinggi ditantang dan diganti dengan teori-teori yang lebih baru dan lebih dinamis. Jika Anda menyukai ide untuk terus belajar, terutama dengan guru fisika dan matematika, fisika bisa sangat cocok untuk Anda.

5. Fisika Melengkapi Subjek Yang Berbeda, Seperti Matematika

Fisika secara intrinsik terkait dengan mata pelajaran lain, dan salah satu koneksi yang paling jelas adalah dengan matematika. Fisika tanpa matematika tidak akan berfungsi, karena matematika diperlukan untuk membantu menyelesaikan rumus dan secara umum memahami dan menganalisis eksperimen dan studi fisika. Akibatnya, setiap siswa yang tertarik dalam matematika dapat dengan mudah memutuskan untuk mengambil studi fisika, dan sebaliknya. Matematika dan fisika memiliki hubungan kuat dan abadi satu sama lain. Karena korelasi yang erat antara matematika dan fisika, penting juga bagi setiap siswa untuk memastikan bahwa pengetahuan mereka tentang matematika dan fisika sudah sesuai. Jika Anda benar-benar membutuhkan bantuan ekstrakurikuler dengan matematika dan fisika, maka mungkin ada baiknya mengetahui cara menemukan guru fisika dan matematika.

6. Fisika Memberi Anda Tantangan

Fisika tidak dikenal sebagai subjek yang mudah. Terlepas dari apakah Anda sedang belajar fisika di sekolah, atau belajar tentang fisika di universitas dan sekitarnya, fisika, seperti ilmu-ilmu lain, memiliki reputasi karena memerlukan keterampilan tertentu, seperti:

  • Kemampuan matematika yang kuat;
  • Kemampuan untuk mempelajari formula yang rumit; dan
  • Kemampuan untuk merangkul dan memahami konsep dan gagasan baru.

Jadi, jika Anda ingin mempelajari hal yang menawarkan tantangan dan akan membuat Anda tetap terlibat, maka fisika bagus bagi Anda.

7. Fisika Memberi Peluang Anda Bisa Bekerja Di Luar Negeri

Jika Anda ingin memiliki gelar yang memungkinkan Anda untuk bepergian dan bekerja di luar negeri untuk jangka waktu yang lama, maka fisika adalah gelar yang bagus untuk dipertimbangkan. Misalnya, saat mempelajari gelar fisika, Anda mungkin bisa mendapatkan penempatan magang atau pengalaman kerja di luar negeri. Sama halnya, begitu Anda lulus, Anda mungkin dapat melamar pekerjaan di negara-negara berbahasa Inggris lainnya, seperti Amerika.

8. Fisika Memberi Anda Keterampilan Yang Berharga Bagi Pengusaha

Anda belajar banyak dengan mempelajari fisika, termasuk berbagai keterampilan yang dapat ditransfer, seperti:

  • Keterampilan memecahkan masalah dan analitis;
  • Keterampilan penelitian; dan
  • Keterampilan komunikasi dan presentasi.

Keterampilan yang dapat ditransfer ini seringkali sangat menarik bagi pengusaha di sejumlah industri yang berbeda, artinya Anda dapat membantu C.V. Anda. berdiri keluar dari keramaian ketika Anda memiliki gelar fisika untuk nama Anda. Terlebih lagi, fisika sebenarnya sangat diminati di beberapa bidang, seperti mengajar. Karena kurangnya guru fisika yang berkualitas, pemerintah menawarkan insentif keuangan untuk lulusan seperti lulusan fisika, dengan tujuan untuk membantu membawa lebih banyak lulusan fisika ke kelas sebagai guru.

9. Fisika Menghargai Teknologi Modern

Tidak terlalu mengejutkan mengetahui bahwa banyak dari apa yang kita anggap remeh di zaman digital yang didorong saat ini telah dikembangkan dan digunakan berkat fisika. Misalnya, perhatikan hanya beberapa item di bawah ini yang kami gunakan setiap hari:

  • Komputer dan laptop;
  • Kamera digital;
  • Ponsel; dan
  • Pemutar DVD dan MP3.

Jika Anda tertarik pada teknologi dan mempelajari cara kerja berbagai hal, maka mempelajari lebih lanjut tentang fisika dapat membantu Anda memahami mengapa dunia modern, dan perangkat yang mengisinya, berfungsi seperti sekarang.

10. Fisika dapat Mengembangkan Sikap Ilmiah

Sikap ilmiah pada dasarnya adalah sikap yang diperlihatkan oleh para Ilmuwan saat mereka melakukan kegiatan sebagai seorang ilmuwan. Sikap ilmiah meliputi  1) sikap ingin tahu, 2) sikap kritis, 3) sikap terbuka, 4) sikap objektif, 5) sikap rela menghargai karya orang lain, 6) sikap berani mempertahankan kebenaran, dan 7) sikap menjangkau ke depan. Selain itu beberapa sikap ilmiah yang lebih khas antara lain meliputi: 1) curiosity (sikap ingin tahu), 2) respect for evidence (sikap untuk senantiasa mendahulukan bukti), 3) flexibility (sikap luwes terhadap gagasan baru), 4) critical reflection (sikap merenung secara kritis), 5) sensitivity to living things and environment (sikap peka/peduli terhadap makhluk hidup dan lingkungan).


Demikianlah penjelasan tentang 10 manfaat mempelajari fisika sahabat fisioner. Semoga memberikan wawasan dan memberikan semangat untuk senantiasa belajar fisika.

Sumber: https://www.superprof.co.uk/blog/learn-physics/

No comments:

Post a Comment