Melayani siapa saja untuk belajar fisika kapan saja dan dimana saja

Sunday, March 28, 2021

Efek Doppler dan Aplikasinya dalam Kehidupan Sehari-hari

EFEK DOPPLER

Sahabat fisioner kali ini kita akan membahas topik tentang efek Doppler dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari. Terdapat beberapa penerapan efek Doppler dalam kehidupan kita, misalnya gerak mobil pemadam kebakaran yang membunyikan sirine di jalan raya. Sudah tahukah sahabat fisioner dengan efek Doppler? Untuk lebih memahaminya silahkan sahabat fisioner mempelajari topik efek Doppler dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari berikut ini. 

Topik: Efek doppler dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari

1. Konsep Efek Doppler

Ketika sumber bunyi dan pendengar bergerak relatif, frekuensi yang terdengar akan bertambah jika keduanya bergerak saling mendekati, dan akan berkurang jika keduanya bergerak saling menjauhi. Ini disebut sebagai efek Doppler. Jika kecepatan sumber bunyi dan pendengar masing-masing vs dan vp, cepat rambat bunyi di udara = v, frekuensi sumber bunyi = fs, dan frekuensi yang didengar oleh pendengar = fp, maka :

2. Contoh Soal

1. Sebuah garpu tala yang diam, bergetar dengan frekuensi 384 hz. Seorang anak yang berlari menjauhi garpu tala mendengar frekuensi garpu tala tersebut 380Hz. Kecepatan rambat bunyi di udara 320 m/s. Tentukan kecepatan anak tersebut?
Penyelesaian
Diketahui:
Garpu tala yang diam berperan sebagai sumber, sehingga:
vs = 0
fs = 384 Hz
fp = 380 m/s
v = 320 m/s
Anak menjauhi sumber berarti vp (-)
Ditanya:   vp = .... ?
Jawab:
Jadi kecepatan anak tersebuut adalah 3,33 m/s.

2. Sebuah mobil pemadam kebakaran bergerak dengan kecepatan 40 m/s sambil membunyikan sirenenya pada frekuensi 200 Hz. Seorang pengemudi truk yang bergerak berlawanan arah dengan kecepatan 20 m/s mendengar bunyi sirene mobil pemadam kebakaran tersebut. Berapa frekuensi yang di dengar pengemudi truk pada saat kedua mobil saling mendekati? (Anggap kecepatan bunyi di udara saat itu adalah 320 m/s)
vs = 40 m/s
fs = 200 Hz
vp = 20 m/s
v = 320 m/s
Ditanya:   fp = .... ?
Jawab:
Jadi frekuensi yang di dengar pengemudi truk adalah 245,86 Hz. Terlihat frekuensinya menjadi lebih besar dari semula sebesar 200 Hz.

3. Aplikasi efek Doppler dalam kehidupan sehari-hari

Terdapat beberapa penerapan efek Doppler dalam kehidupan kita sehari-hari, salah satu contohnya adalah gerak mobil pemadam kebakaran yang membunyikan sirine di jalan raya. Ketika mobil pemadam kebakaran dan pendengar di jalan raya bergerak relatif, frekuensi sirine yang terdengar akan bertambah jika keduanya bergerak saling mendekati, dan akan berkurang jika keduanya bergerak saling menjauhi.

Demikianlah penjelasan tentang efek Doppler dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberikan wawasan dan memberikan semangat untuk senantiasa belajar fisika.

Artikel lainnya:

No comments:

Post a Comment