fisikaonline

belajar fisika kapan saja dan dimana saja

Multimedia Fisika

MPI
Media pembelajaran berbasis komputer menurut penggunaannya dikelompokkan menjadi 2, yaitu Multimedia Presentasi Pembelajaran (MPP) dan Software Pembelajaran Mandiri (SPM) yang sering juga disebut Multimedia Pebelajaran Interaktif (MPI). 
.
Multimedia Presentasi Pembelajaran (MPP)
Multimedia presentasi pembelajaran merupakan perpaduan antara berbagai media (format file) yang berupa teks, gambar (vektor atau bitmap), grafik, sound, animasi, video dan yang lainnya, yang telah dikemas menjadi file digital (komputerisasi), yang digunakan untuk menyajikan perangkat bahan ajar yang dilakukan oleh pendidik kepada peserta didik dalam bentuk kegiatan pembelajaran terprogram untuk mencapai tujuan instruksional. Multimedia presentasi pembelajaran (MPP) merupakan media bantu guru dalam menunjang proses pembelajaran yang telah dikemas dalam kepingan CD atau format penyimpanan lainnya. Pada umumnya, guru berbagi dengan media jenis ini dalam melaksanakan proses pembelajaran di kelas. Media MPP ini ditampilkan menyerupai slide powerpoint, namun media ini dirancang mengikuti prinsip instruksional desain yang berisi pokok-pokok materi yang diajarkan, dengan dukungan konvergensi elemen multimedia (teks, grafis, animasi, suara dan video) sehingga bahan-bahan ajar yang semula abstrak dapat disajikan lebih konkrit. Media ini dalam penggunaannya masih diperlukan improvisasi dari seorang guru dalam transformasi materi ke siswa, artinya media ini tidak dijalankan dengan mandiri tanpa kehadiran seorang guru. Namun penggunaan media masih dikontrol oleh guru dengan demikian guru berperan sebagai fasilitator. Media jenis MPP ini adalah media suplemen terhadap pengayaan materi yang ada pada media cetak. Oleh karena itu Supaya media ini dapat dipelajari oleh pengguna lain, perlu disertakan bahan/uraian materi yang disajikan secara terpisah dari karya MPP
.
Multimedia Pembelajaran Interaktif
Menurut Wawan & Tegeh (2009) multimedia pembelajaran interaktif diartikan sebagai sistem komunikasi interaktif berbasis komputer dalam suatu penyajian pembelajaran secara terintegrasi. Istilah interaktif artinya dilengkapi dengan alat pengontrol yang dapat dioperasikan oleh pengguna, sehingga pengguna dapat memilih apa yang dikehendaki untuk proses selanjutnya. Istilah berbasis komputer berarti bahwa program multimedia menggunakan komputer dalam menyajikan pembelajaran. Sedangkan istilah terintegrasi berarti bahwa multimedia pembelajaran dapat menampilkan teks, gambar, audio, dan video atau animasi dalam satu kali tayangan presentasi. 
.
Perbedaan MPP dan MPI
MPP merupakan alat bantu guru dalam menunjang proses pembelajaran di kelas, sedangkan MPI adalah bahan belajar yang dimanfaatkan oleh siswa untuk belajar secara mandiri.